Jumat, 09 Desember 2016

Fakta Unik : Adzan Mengiringi Putaran Rotasi Bumi

Fakta ilmiahnya adalah, Bumi berputar pada porosnya yang disebut dengan rotasi, dan bahwa Rotasi bumi membuat wilayah bumi mengalami perubahan siang malam dan mengalami pergeseran waktu yang terus berubah – ubah dari satu tempat ke tempat lainnya. Dan penetapan waktu itu telah diatur sedemikian rupa dan disepakati secara internasional. Pergantian siang dan malam itu telah ditetapkan oleh Allah SWT dan hal tersebut dijelaskan dalam Ayat-ayat Al-Quran : 

...Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. ( Yassin 36 : 37 – 40 )

Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas. ( Al Israa’ 17:12 )

Berikut ilustrasi Pengumandangan Adzan diseluruh dunia :

Allahu Akbar.. Allahu Akbar... 2 x
    Allah Maha Besar... Allah Maha Besar...
Asyhadu Alla ilaaha illallah...  2 x
   Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan Selain Allah...
Ashadu Anna Muhammadarasulullah.. 2 x
   Aku Bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Utusan Allah...
Hayya’ Alash Shalaah 2 x
   Marilah kita mendirikan Shalat...
Hayya’ Alal Fallaah 2 x
   Marilah kita menuju kemenangan..
Allahu Akbar Allahu Akbar 1 x
   Allah Maha Besar... Allah Maha Besar...
Laa Illaaha illallah
( Tiada Tuhan Selain Allah... )

Beriringan dengan perputaran bumi pada porosnya, Prosesi Kumandang Adzan pun akan bergerak tiada henti dari satu tempat ke tempat lain, bersahut sahutan dari bumi bagian timur, utara, selatan, dan barat.  Ilustrasi berikut Bila Adzan dimulai dari Indonesia. Pembagian waktu wilayah indonesia dibagi menjadi 3 bagian yaitu timur, tengah dan barat dari masing-masing wilayah terpaut satu jam. 

Ketika mulai dikumandangkannya adzan Dhuhur di Wilayah Papua dan kepulauan sekitarnya, di belahan dunia bagian yang lain juga melakukan hal yang sama yaitu diwilayah jepang, korea, dan sebagian wilayah rusia karena memiliki persamaan waktu yang sama.  

Selisih satu jam kemudian menyusul wilayah indonesia bagian tengah, yaitu Makasar, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan dibagian dunia lain, wilayah Australia barat, Filipina, China, Mongolia, dan sebagian wilayah rusia pun masuk saat pengumandangan Adzan yang sama.
Bersambung kemudian wilayah barat indonesia Jawa, Sumatera. Sementara Adzan di Indonesia belum selesai, ia sudah dimulai di malaysia, Thailand, laos, Kamboja, dan ke utara di sebagian wilayah Rusia.

Tak lama kemudian menyusul, adzan di wilayah Burma, Bhutan, Nepal, disusul wilayah Afganistan dan iran lalu bersambung diperdengarkan di Kazakhstan, bangladesh, dan bagian wilayah rusia. 

(  Di Indonesia bagian timur mulai diperdengarkan Adzan Ashar.. lalu bersambung ke daerah lain seperti pada awal... )

Tak berselang lama suara adzan terdengar di Pakistan, Turkmenistan, Uzbekistan, dan sebagian wilayah Rusia.  Menyusul kemudian suara Muadzin terdengar di Syria, Iraq, Saudi Arabia, yaman, Eritrea, Ethiopia, Somalia, Uganda, Kenya, Rwanda, Burundi, Tanzania.
Disusul kemudian terdengar di wilayah Mesir dan Turki,  sementara di Afrika : Sudan, zaire, zambia, malawi, namibia,  south afrika, mozambik, botswana, zimbabwe, finlandia, estonia, latvia, lithuania, belarus, ukraina, romania, bulgaria, yunani.

(  Di Indonesia bagian timur mulai diperdengarkan Adzan Maghrib.. lalu bersambung ke daerah lain seperti pada awal... )

Belum lagi selesai adzan disebagian wilayah afrika, Lalu di wilayah eropa diperdengarkan, polandia, swedia, hungaria, jerman, norwegia, swiss, monaco denmark, kroasia, bosnia, serbia, austria, albania, italia, slovakia, spanyol, belanda, malta, dll.  dan di wilayah Afrika yang lain:  maroko, algeria, libya, tunisia, niger, chad, benin, nigeria, cameron, Cad, gabon, congo, Angola.

(  Di Indonesia bagian timur mulai diperdengarkan Adzan Isya’... lalu bersambung ke daerah lain seperti pada awal... )

Lalu menyusul terdengar Adzan di wilayah Afrika lain : western sahara, mauritania, mali, burkina, ghana, liberia, sierra leone, guinea, gambia, senegal, sementara di eropa diperdengarkan di Portugal, Inggris, Irlandia, islandia.  

Setelah itu terus berturut turut Adzan terdengar di berbagai wilayah seperti   Amerika latin : suriname, sebagian wil. brasil, uruguay, argentina, chile, paraguay, Bolivia, sebagian wil. Brazil, venezuela, dominika, peru, ekuador, colombia, panama, kuba, sebagian wil. canada, sebagian wil. amerika serikat, 

Pada perputaran penuh untuk satu putaran yaitu di jam yang ke 24. Kembali ke proses awal ketika fase waktu memasuki wilayah papua nugini, wilayah australia, dan sebagian wilayah rusia..  dan perputaran dimulai lagi dari awal ketika Adzan dimulai dari Indonesia bagian timur.. demikian seterusnya..

Demikianlah, adzan akan selalu terdengar dimana-mana seiring dengan berputarnya bumi.  Subhanallah...

Tidak ada komentar: