Jumat, 19 April 2019

Kisah Tsa'labah dan Ampunan Allah

Tsa’labah bin Abdul Rahman adalah seorang pemuda dari kaum anshar. Semenjak masuk Islam, ia selalu setia melayani rasullulah.  Pada suatu saat rasullulah mengutusnya untuk suatu keperluan, sehingga dia harus melewati sebuah rumah milik salah satu sahabat anshar. Ketika lewat rumah itu secara tidak sengaja ia melihat seorang wanita sedang mandi.

Karena merasa berdosa dan takut Rasullulah mengetahui apa yang telah diperbuatnya, maka ia lari dan sampai ke pegunungan yang ada diantara kota madinah dan makkah. Rasullulah merasa kehilangan tsa’labah selama 40 hari. Dan malaikat jibril kemudian turun kepada beliau seraya berkata “ Wahai Muhammad, sesungguhnya Tuhanmu memberikan salam dan berfirman kepadamu yang isinya ; bahwa seorang laki-laki dari umatmu berada diantara pegunungan ini dan telah memohon perlindungan kepada-Ku “

Mendengar wahyu yang dibawa malaikat itu, rasulluloh kemudian mengutus Umar bin khatthab dan Salman Al Farisi untuk menjumpai Tsa’labah dan mengajaknya pulang. Umar dan Salman kemudian berangkat menyusuri perbukitan yang ada di kota madinah, hingga bertemulah dengan seorang pengembala yang bernama Dzulfafah. Umar kemudian bertanya kepadanya tentang Tsa’labah.  “ Mungkin yang tuan maksudkan itu seseorang yang lari dari neraka jahannam itu. Sebab, setiap malam dia keluar dari kawasan pegunungan sambil meletakkan tangannya diatas kepala sambil berkata “ mengapa tidak Engkau cabut saja nyawaku dan Engkau binasakan tubuhku, dan tidak membiarkanku untuk mendapatkan keputusan?” terang Dzufafah. “ Itulah orang yang kami cari!” kata Umar bin Khattab.  Dan dengan diantar Dzufafah, Umar dan salman menuju pegunungan. Ternyata benar, ketika hari menjelang malam Tsa’labah keluar dari lereng perbukitan dengan meletakkan tangan diatas kepalanya seraya berkata seperti yang dituturkan oleh dzufafah. Umar kemudian mendekati Tsa’labah dan mendekapnya.

“ Wahai Umar, apakah rasullullah mengetahui dosaku?” “ Entahlah, beliau hanya memerintahkan kami agar mencarimu” jawab Umar. “ Aku mohon kalian tidak membawaku kepada beliau, kecuali bila Rasullulah sedang shalat” pinta Tsa’labah.  Ketika mereka tiba, Rasullulah sedang shalat, Umar dan Salman berebut shaf Shalat. Dan ketika Tsa’labah mendengar ayat Al-Quran yang sedang dibaca rasullulah, seketika dia jatuh pingsan. Usai membaca salam rasullulah menghampiri Tsa’labah dan menggerak-gerakkannya hingga dia siuman kembali.

“ Apa yang menyebabkan engkau lari dariku” Tanya Rasullullah.  “ Dosaku, wahai rasullullah” jawab tsa’labah.  “ Bukankah pernah kutunjukkan kepadamu tentang ayat yang dapat menghapus dosa dan kesalahan? Tanya Rasullullah.  “ Benar, ya Rasullullah “ jawab tsa’labah.  “ Bacalah,  Rabbanaa aatina fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa adzaban naar “ perintah rasullullah.  “ Dosaku terlalu besar, Rasullullah “ kata Tsa’labah. “ akan tetapi kalam Allah itu lebih besar lagi” Kata Rasullullah.

Kemudian Rasullullah memerintahkan Tsa’labah pulang. Setiba dirumah ia jatuh sakit selama delapan hari. Mendengar tsa’labah sakit. Salman pun datang menghadap Rasullullah memberitahukan tentang keadaan Tsa’labah. “ mari kita sama-sama menjenguknya “ ajak beliau.

Setiba di kediaman Tsa’labah, Rasullullah meletakkan kepalanya di pangkuan beliau. Tetapi Tsa’labah berusaha menggeser kepalanya. “ Mengapa kau geserkan kepalamu dari pangkuanku”? Tanya Rasullullah   “ Karena kepala ini penuh dosa “ jawab Tsa’labah. “ Apa yang kau keluhkan?”  “ diantara tulang, daging dan kulitku seperti dikeroyok semut”   “ apa yang kamu inginkan?” Tanya Rasullullah lagi.  “ Ampunan Tuhanku” jawab tsa’labah singkat.

Kemudian turunlah malaikat Jibril seraya berkata kepada rasullullah, “ Wahai Muhammad, sesungguhnya Tuhanku membacakan salam untukmu dan berfirman kepadamu, “ andaikan hambaku ini menghadap-Ku dengan membawa kesalahannya sepenuh bumi, Aku akan menyambutnya dengan ampunan-Ku sepenuh bumi pula.

Rasullullah kemudian memberitahukan wahyu yang diberikan Jibril kepada beliau kepada Tsa’labah, dan ketika mendengarnya terpekiklah Tsa’labah yang kemudian meninggal dunia seketika.

Jenazah Tsa’labah kemudian dimandikan dan dikafani. Ketika selesai menshalati, rasullullah berjalan sambil berjingkat-jingkat.

“Mengapa anda tadi kami lihat berjalan secara berjingkat-jingkat ya Rasullullah” Tanya salah seorang sahabat.

“ Demi Dzat yang telah mengutusku dengan benar sebagai nabi, sungguh aku tidak mampu meletakkan telapak kakiku diatas tanah, karena malaikat yang turut melayat Tsa’labah sangatlah banyak” jawab Rasullulah.

Tidak ada komentar: