Jumat, 29 April 2016

[Ekonomi] Rahasia Sukses Menabung

Menabung itu tindakan sederhana nan bijak, bahkan agamapun menganjurkan yang demikian. Walaupun menabung itu terlihat gampang, namun kenyataannya banyak orang yang gagal melakukannya. Alhasil uangpun mengalir begitu saja dan tidak terkontrol. Berikut ini adalah trik cara menabung, semoga dapat menjadi bahan acuan dan renungan..




  1. Tentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin dicapai.   Misalnya, tabungan akan digunakan untuk membeli motor dalam 3 tahun mendatang. Menukar mobil dalam 2 tahun kedepan. Atau sebagai dana untuk menikah enam tahun mendatang dan lain sebagainya. Langkah awal ini sebagai acuan pertama tujuan anda menabung.
  2. Buka rekening khusus.  Rekening yang sama sekali terpisah dengan rekening keperluan sehari-hari.  Ini dimaksudkan agar tidak tercampur aduk antara kepentingan belanja dan kepentingan menabung.
  3. Susunlah Anggaran. Dengan anggaran itu akan terbaca berapa dana yang habis digunakan untuk keperluan sehari-hari dan berapa sisa dana yang masih dapat digunakan untuk menabung.
  4. Sisihkan pendapatan.  Sisihkan secara rutin untuk dimasukkan kerekening tabungan,  Misalnya, 10% dari total pendapatan. Presentase bisa bervariasi, bisa 5%, 15% bahkan 25% sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
  5. Masukkan kedalam rekening tabungan bila suatu saat anda mendapat penghasilan di luar pendapatan rutin.  Ini akan dapat memperpendek jangka waktu rencana anda. Atau bila mana rencana itu tidak berubah, tentu ini akan makin memperbesar nilai dari target saldo tabungan anda.
  6. Berkomitmen dan disiplin. Nah inilah hal yang terpenting yang harus diperhatikan dan sungguh-sungguh dilakukan.  Jangan pernah tergoda untuk melakukan hal-hal diluar rencana semula. Kecuali dalam keadaan amat sangat darurat yang tidak bisa anda hindari lagi.

Catatan Penting :
Penggunaan diluar rencana akan memperpanjang waktu target pencapaian terhadap rencana yang telah anda susun semula.. bilamana anda dapat berpikir ekstrem untuk benar-benar mengabaikan uang tabungan anda itu malah lebih baik. Yaitu berpikir bahwa tabungan itu seakan akan bukanlah milik anda akan tetapi adalah suatu target yang harus anda penuhi, semisal anda harus membayar tagihan kredit pada bank.

             Menabung dalam kaca mata pandang Islam

….Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. ( QS  Al Israa' : 26 )

….Barangsiapa melakukan pemborosan (royal dan tabdzir) maka Allah akan mencegahnya dari perolehan (rezekiNya). (HR. Asysyihaab)

2 komentar:

Big Bobo mengatakan...

Saya setuju , apalagi Jaman sekarang kita bisa mendapatkan Banyak Income dengan menabung dan Mengajak Orang lain menabung http://car3inetworks.com/investasi

jhon mengatakan...

ijin share brow