Kamis, 21 Juli 2016

Kesederhanaan Nabi Muhammad

Muhammad Shallallahu 'alahi wasallam , sosok mulia yang ternyata sangat Jauh berbeda jika dibanding dengan apa yang dimiliki dan dinikmati umatnya yang banyaknya bermilyar-milyar itu.  Umat Muhammad Shallallahu 'alahi wasallam, dari 4 penjuru bumi, tidak terhitung banyaknya yang hidup dengan segala kemewahan harta bendanya. Dari lahir sampai wafat mendapatkan segala kemewahan, yang ternyata itu tidak dimiliki oleh Nabi panutannya, Muhammad Shallallahu 'alahi wasallam seorang Nabi yang berakhlak mulia, insan yang cinta kesederhanaan yang di takdirkan hadir dimuka bumi jauh sebelum bumi diciptakan, sebagai pembawa risalah kebenaran tentang Penciptanya, pencipta semesta alam.. * Allahumma sholli ala Muhammad..…. *
  
Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:  Sejak berpindah ke Madinah, keluarga Muhammad tidak pernah merasa kenyang karena makan gandum selama tiga malam berturut-turut sampai beliau wafat. (Shahih Muslim No.5274)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:  Kami, keluarga Muhammad sering hidup selama satu bulan tidak menyalakan api (memasak), karena makanan hanya kurma dan air. (Shahih Muslim No.5280)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata: Ketika Rasulullah wafat, di lemariku tidak ada sesuatu yang dapat dimakan manusia, kecuali setengah roti gandum yang berada dalam sebuah lemari milikku lalu aku memakan sebagian untuk beberapa lama, kemudian aku timbang ternyata telah habis. (Shahih Muslim No.5281)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata: Rasulullah wafat ketika orang-orang sudah kenyang memakan kurma dan air. (Shahih Muslim No.5284)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:  Bantal Rasulullah Shallallahu 'alahi wasallam. yang biasa beliau gunakan untuk bersandar adalah terbuat dari kulit yang diisi sabut. (Shahih Muslim No.3882)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya. Dalam riwayat Ibnu Abbas : Demi Tuhan yang jiwa Abu Hurairah berada dalam genggaman-Nya, belum pernah Rasulullah membuat keluarganya kenyang selama tiga hari berturut-turut dengan roti gandum sampai beliau wafat. (Shahih Muslim No.5286)

Hadis riwayat Aisyah ra.:  Dari Abu Burdah ia berkata: Aku datang untuk menemui Aisyah ra. lalu ia mengeluarkan kain kasar buatan Yaman dan baju dari kain tambalan. Aisyah ra. bersumpah demi Allah, bahwa Rasulullah saw. wafat ketika sedang memakai kedua potong pakaian ini. (Shahih Muslim No.3879)

…. Ya Allah, segala kemuliaan adalah milik-Mu.. kepunyaan-Mulah segala keagungan diatas segala penjuru langit dan diatas muka bumi… Shalawat salam kami haturkan untuk junjungan kami, Nabi Muhammad yang Engkau kasihi dan yang Engkau Muliakan disisi-Mu….  " Allohumma sholli ala Sayyidina Muhammad.."

Tidak ada komentar: