...Jejak jejak langkah terus berlalu bersama waktu..
kebaikan dan keburukan tercatat rapi disisi Rabb Tuhan semesta alam,
dan itu adalah bekal setiap insan, ketika dipanggil-Nya kelak...

Senin, 24 Juni 2013

Peninggalan yang paling terjaga didunia

Ada banyak bangunan bersejarah yang tercatat dalam catatan dunia modern, yang kesemua disusun rapi dalam daftar keajaiban dunia. adalah UNESCO yang merupakan salah satu badan dibawah Perserikatan Bangsa bangsa yang menangani pelestarian sisa hasil peradaban di masa lalu itu. tercatat, ada Piramida di mesir, Taman gantung di babilonia, Patung paros di alexandria, Musoleum halicarnacus di carla, Patung Zeus di Yunani, Kuil Artemis di athena, Colossus patung dewa matahari dari rhodes, tembok raksasa di china, Menara miring di pisa, Taj-mahal di India, colloseum di Roma, Borobudur di Indonesia, berbagai puing bangunan peninggalan suku-suku besar didunia dan lain sebagainya.
kesemua adalah peninggalan umat manusia dimasa lalu, dan kesemua bangunan itu hanya merupakan prasasti peninggalan yang fungsi dan maksud pembangunannya adalah hanya untuk kepentingan peradaban disaat itu. maka tak hayal banyak bangunan bersejarah yang kini hanya digunakan untuk tempat berwisata untuk mengetahui peristiwa sejarah dimasa lalu, dan sebagai pengetahuan orang-orang masa sekarang terhadap hasil budaya dan teknologi waktu itu.

Dari berbagai bangunan yang didaulat menjadi keajaiban dunia, hanya ada satu bangunan yang masih difungsikan dengan baik sebagaimana fungsi awal bangunan itu dibuat.  Bangunan itu adalah Ka’bah di Makkah.  Tercatat dalam hitungan sejarah, kurang lebih 1500 tahun SM, Nabi Ibrahim AS mendapat perintah Allah SWT untuk mendirikan bangunan ka’bah itu, yang selama pembangunannya langsung mendapat bimbingan dari  Allah SWT sendiri.   

Dari berbagai sumber, menyebutkan bahwa Ka'bah yang didirikan Nabi Ibrahim AS terletak persis di tempat Ka'bah lama yang didirikan Nabi Adam yang hancur tertimpa banjir bandang pada zaman Nabi Nuh. Adam adalah Nabi yang pertama kali mendirikan Ka'bah.  Dari keterangan itu, maka dapat diketahui, bahwa sesungguhnya Nabi  Ibrahim AS mendapat perintah untuk membangun kembali Ka’bah yang sebenarnya telah ada dan dibuat di jaman Nabi Adam AS. 

Ka’bah ada didunia bukanlah kehendak manusia, karena itulah sungguh tidak mengherankan jika ka’bah hingga kini tetap eksis dan tetap terjaga serta menjadi tempat berkumpulnya jutaan umat muslim dari seluruh penjuru dunia, untuk terus melestarikan syariat yang telah dilakukan turun temurun mulai dari jaman Nabi Ibrahim AS.

Tentu tidak ada seorangpun yang sanggup menyangkal, bahwa Ka’bah adalah satu-satunya bangunan peninggalan masa lalu yang hingga kini senantiasa terjaga dan tidak akan pernah kehilangan fungsinya sebagai tempat berhaji kaum muslimin yang diselenggarakan dari tahun ke tahun. Dan itu akan terus berlangsung sampai Allah SWT sendiri yang memutuskan untuk menghancurkannya di hari kiamat.

Inilah seruan sepanjang masa, yang senantiasa bergema disekelilingnya sampai akhir jaman..

"Aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah, aku datang. Aku datang dan tiada sekutu bagi-Mu, aku datang. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kerajaan (kekuasaan) milikMu, tiada sekutu bagiMu." (HR. Bukhari).