Jumat, 09 Agustus 2019

Berapa kali umat Muhammad bersujud dalam sehari?

Sujud adalah bagian dari gerakan ibadah sholat, dan sujud adalah suatu gerakan yang paling sempurna, sehingga Allah SWT menjadikan sujud sebagai waktu dan kondisi terdekat antara Dia dengan hamba-hamba-Nya. Seperti yang disampaikan Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim, "Yang terdekat seorang hamba dari Rabb-nya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa.


Islam adalah agama yang mengusahakan keseimbangan antara aktifitas ruhani dan jasmani.  Dan ini adalah amalan yang tidak dapat ditemui dan diajarkan oleh Nabi-nabi sebelumnya. Dan dalam Islam, ibadah sholat adalah satu-satunya perintah yang diperintahkan secara langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang disampaikan dalam peristiwa Isro’ mi’raj. Sedang perintah lain disampaikan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril.

Sholat sehari semalam dilakukan sebanyak 5 kali, dengan pembagian waktu, Subuh 2 Raka’at, Dhuhur  4 Raka’at, Ashar 4 Raka’at, Magrib 3 rakaat, dan Isya sebanyak 4 rakaat.. sehingga total sebanyak 17 Raka’at.. dan didalam sholat di tiap tiap rakaat itu ada gerakan sujud yang mana bila di jumlah keseluruhannya dalam sehari sebanyak 34 kali sujud ( Subuh 4 kali, Dhuhur 8 kali, Ashar 8 Kali, Maghrib 6 kali, Isya’ 8 Kali )

Hitungan diatas adalah Sujud yang wajib dilakukan setiap hari oleh Umat Nabi Muhammad SAW, namun diluar sholat wajib itu juga terdapat banyak sholat sholat yang lain yang hukumnya sunnah, artinya dilakukan akan mendapatkan pahala, tidak dilakukan tidaklah mengapa. Namun Seandainya ditambah dengan sholat sunnah pengiring sholat fardhu ( sebelum dan sesudah ) baik itu yang mu’akkad = sangat dianjurkan atau Ghoiru mu’akkad = tidak ditekankan )

Sebelum sholat subuh  4 kali, Sebelum dan sesudah sholat Dhuhur 8 kali, Sebelum sholat Ashar  4 kali, Sebelum dan Sesudah sholat Maghrib 8 kali, sebelum dan sesudah sholat Isya’ 8 kali

Jika dihitung Sujud sholat sunnah pengiring sholat fardhu diatas berjumlah,  36 kali sujud. Jadi bila ditambahkan dengan yang wajib, sehari umat Islam melakukan sebanyak 70 kali sujud!! Subhanallah..


Belum lagi yang juga melakukan sholat-sholat sunnah yang lainnya, seperti sholat sunnah Wudhu, tahiyatal masjid, Taubat, tasbih, Tahajjud, witir, Awwabin, Hajat, istikhoroh, dhuha, dan lain sebagainya. Tentu semakin banyak pula sujud yang akan dilakukan.  Itulah bentuk penghambaan umat Muhammad kepada Tuhannya. 

Mari, jangan menyia-nyiakan kesempatan, selagi

Tidak ada komentar: