Kamis, 18 Mei 2023

Bersedekah cara Nabi Muhammad SAW

Sebagian orang menganggap bersedekah itu identik dengan memberikan materi kepada orang lain, sedekah seringkali digambarkan dalam wujud uang dan harta benda, namun ternyata tidaklah mutlak seperti itu. Rosulullah memberikan pengertian sedekah secara umum, dan ternyata gampang sekali kita jumpai dalam kehidupan keseharian, yang ternyata banyak juga cabang-cabang dari bersedekah itu..
dari petunjuk yang diberikan Nabi Muhammad SAW, kita benar-benar diberi kemudahan untuk mendapatkan pahala bersedekah sebanyak-banyaknya dari cabang-cabang sedekah yang lain.. so, kalo tidak punya materi buat bersedekah, tidak usah khawatir.. masih banyak hal-hal lain yang berpahala sedekah…

Apa saja yang berpahala sedekah itu? 

Inilah sabda Nabi SAW,  Abu Dzarr Ra berkata bahwa beberapa sahabat Rasulullah Saw berkata, "Ya Rasulullah, orang-orang yang banyak hartanya memperoleh lebih banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka." Nabi Muhammad SAW lalu berkata, " Bukankah Allah telah memberimu apa yang dapat kamu sedekahkan? Tiap-tiap ucapan tasbih adalah sedekah, takbir sedekah, tahmid sedekah, tahlil sedekah, amar makruf sedekah, nahi mungkar sedekah, bersenggama dengan isteri pun sedekah." Para sahabat lalu bertanya, "Apakah melampiaskan syahwat mendapat pahala?" Nabi menjawab, "Tidakkah kamu mengerti, bahwa kalau dilampiaskannya di tempat yang haram bukankah itu berdosa? Begitu pula kalau syahwat diletakkan di tempat halal, maka dia memperoleh pahala. (HR. Muslim)

Lalu ada lagi pesan Nabi melalui sabdanya,  “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

Masih belum cukup ? Nih ada tambahan lain, hal yang juga termasuk dalam bersedekah…Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari selagi matahari masih terbit. Mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkatkan barang bawaan ke atas kendaraannya merupakan sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju ke masjid adalah sedekah dan menyingkirkan aral (rintangan, ranting, paku, kayu, atau sesuatu yang mengganggu) dari jalan juga merupakan sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, lengkap bukan?.. ternyata banyak sekali hal-hal yang ada dalam aktifitas keseharian yang bernilai sedekah. Sekarang tinggal mempraktekkannya aja,, mari kita perbanyak koleksi Pahala untuk tiket menuju kebaikan surga..

Semoga Kita dimudahkan untuk menjadi orang yang selalu berbuat baik...
Semoga hati kita dilemah lembutkan oleh Rabb, Tuhan yang berkuasa membolak balikkan hati..
sehingga hati kita senantiasa tergerak untuk selalu ingin berbuat kebaikan..
Semoga Hati kita dilapangkan untuk selalu istiqomah untuk melakukan amal kebaikan itu...
Dan Semoga kita digolongkan Allah SWT untuk menjadi orang-orang yang bahagia bukan hanya di kehidupan di dunia, akan tetapi kehidupan kekal kelak di Akherat, Aamiin  Ya Rabbal Alamin..






Perintah Allah untuk bersedekah dalam Al-Quran

11 komentar:

ecaratips mengatakan...

Banyak ternyata yah cara bersedekah walau memang identik dengan memberikan harta, makasih pencerahannya mas

Unknown mengatakan...

Terima kasih telah menjelaskan secara gamblang mengenai sedekah, ternyata sedekah bukan hanya materi
Aku Melihat Kiamat

Anonim mengatakan...

sedekah menyehatkan jiwa

handoko mengatakan...

maksih gan artikel tentang sedekah yang sedang ane cari cari

kata kita mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih sudah berkomentar di blog ini ukthi Siti Aisah, Akhi Ahmad Furqon dan Akhi handoko, semoga kita semakin menjadi umat yang dicintai Rasulluloh Muhammad SAW, karena senang dan hobby mengamalkan amalan-amalan sunnah beliau. dan semoga kita kelak dipertemukan dengan beliau, Nabi kita yang tercinta di Jannah.. Allohumma Aamiin..

Unknown mengatakan...

makasih udh share artikelnya

Unknown mengatakan...

Trimakasih artikelnya sangat membantu saya lebih mengenal lebih jauh tentang sedekah..
Ya allah ya robb.. jadikanlah hambu orang yg bisa bersedekah dengan tulus dan ikhlas.. aamiin

Unknown mengatakan...

Trimakasih artikelnya sangat membantu saya lebih mengenal lebih jauh tentang sedekah..
Ya allah ya robb.. jadikanlah hambu orang yg bisa bersedekah dengan tulus dan ikhlas.. aamiin

Unknown mengatakan...

*hambamu

Unknown mengatakan...

Trimakasih artikelnya sangat membantu saya lebih mengenal lebih jauh tentang sedekah..
Ya allah ya robb.. jadikanlah hambamu orang yg bisa bersedekah dengan tulus dan ikhlas.. aamiin

Unknown mengatakan...

bismilah